Anak SD Ciptakan Robot Pengangkut Sampah

Murid Sekolah Dasar (SD) Anugerah Pekerti Surabaya Lucan Feliciano menciptakan robot pengangkut sampah dalam kompetisi robot "Energizer Indo Robo Masters Cup". "Robot ini bertugas mengangkut sampah dari keranjang ke mobil pengangkut," ujar murid kelas enam itu, saat ditemui dalam acara yang diselenggarakan di Jakarta, Sabtu (8/11). 

Robot yang diciptakannya terinspirasi dari kesulitan petugas kebersihan mengangkut sampah. Dia mengaku tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat robot tersebut, hanya memakan waktu tiga pekan. "Bahan yang digunakan dari bahan yang tidak terpakai," cetus dia. Lucan berharap robot itu dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya dalam mengatasi masalah sampah di perkotaan. "Belajar robot dari sekolah, ada ekstrakurikulernya," tandas dia.

anak-sd-ciptakan-robot-pengangkut-sampah
Kompetisi robot diikuti 1.000 siswa dari sejumlah sekolah di Tanah Air. Siswa tersebut unjuk gigi dengan menciptakan robot sesuai dengan tema yang diusung serta beradu keahlian.
Terdapat 11 kategori permainan yang dipertandingkan dalam kompetisi tersebut. Tema yang diusung pada 2014 yakni "Save the Earth" yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Para peserta dituntut untuk membuat robot yang bermanfaat untuk bumi dan lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Video] Misteri Hubungan Ariel dan Sophia Mueller

Misteri Hubungan Ayu TingTing dan Husein Alatas

13 Keajaiban Alam Ciptaan Allah Yang Mengagumkan