Tanda-tanda Khusnul Khotimah

Allah SWT telah menetapkan tanda-tanda khusnul khotimah, berikut ini adalah tanda-tanda khusnul khotimah:
1. Mengucapkan kalimat syahadat ketika wafat
Barangsiapa yang mengucapkan 2 kalimat syahadat ketika wafat, maka ia termasuk mati dalam keadaan khusnul khotimah seperti sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:
"Barangsiapa yang pada akhir kalimatnya mengucapkan 'La ilaaha Illalah' maka dia  akan dimasukkan ke dalam surga" (HR Hakim).
2. Ketika Wafat Dahinya Berkeringat
Rasulullah SAW bersabda:
"Matinya seorang mukmin adalah dengan berkeringat dahinya" (HR Ahmad, An-nasai, At-tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Al-Hakim dan Ath-thayalusi dari Abdullah Bin Mas'u).
3. Wafat Pada Malam Jumat
Berdasarkan sabda Rasulullah SAW, "tidaklah seorang muslim yang wafat pada hari jumat atau malam jumat kecuali pastilah Allah memudahkannya dari siksa kubur (HR Ahmad).
4. Mati Syahid Dalam Medan Perang Dan Mati Membela Agama Serta Keluarganya
Seseorang yang mati dalam medan perang juga termasuk khusnul khotimah. Rasulullah SAW bersabda:
"Bagi orang yang mati syahid ada 6 keistimmewaan yaitu diampuni dosanya sejak mulai pertama darahnya mengucur, melihat tempatnya di dalam surga, dilindungi dari azab kubur, terjamin keamanannya dari malapetaka besar, merasakan kemanisan iman, dikawinkan dengan bidadari dan diperkenankan memberikan syafaat bagi 70 orang kerabatnya" (HR At-tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).
Namun ternyata tidak hanya mati dalam medan perang yang dianggap sebagai mati syahid, mati karena membela agama dan keluarganya, seperti seseorang yang bekerja demi menafkahkan keluarga atau seseorang yang menuntut ilmu lalu dia meninggal, maka dia bisa dikatakan mati syahid. Namun semua itu tergantung pada niat diri kita masing-masing. Jika niat kita bukan karena Allah, maka Allah SWT memasukkan kita ke dalam neraka.
5. Mati Karena Musibah, Penyakit dan Wanita Yang Mati karena Melahirkan
Orang yang mati karena musibah seperti mati karena tenggelam, mati karena terbakar dan mati karena tertimpa reruntuhan tanah longsor juga termasuk ke dalam mati syahid. Dan orang yang mati disebabkan karena penyakit seperti penyakit kolera, penyakit perut dan Tubercolosis (TBC) juga termasuk ke dalam mati syahid. Juga seorang wanita yang mati karena melahirkan termasuk mati syahid dan termasuk tanda-tanda khusnul khotimah.
"Para syuhada ada 7, mati terbunuh di jalan Allah, mati karena kolera adalah syahid, mati tenggelam adalah syahid, karena busung lapar adalah syahid, karena penyakit perut keracunan adalah syahid, mati karena tuberkolosis (TBC) adalah syahid, karena terbakar adalah syahid, yang mati karena tertimpa reruntuhan adalah syahid serta wanita yang mati karena mengandung adalah syahid" (HR Imam Malik, Abu Daud, An-nasai, Ibnu Majah dan Ahmad, At Tabrani).
6. Mati Karena Mempertahankan Harta Dari Perampok
Dalam HR Imam Muslim, An-Nasai dan Ahmad, Abu hurairah berkata bahwa ada seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah dan bertanya, "Ya Rasulullah, beritahukanlah kepadaku bila ada seseorang yang datang dan akan merampas hartaku?" dan Rasulullah menjawab, "Jangan engkau berikan" pria itu bertanya lagi, "namun bagaima jika ia membunuhku?" Rasulullah menjawab,"maka engkau mati syahid" dan bila pria itu membunh si perampok, maka perampok itu akan masuk neraka.
7. Mati Dalam Berjaga-jaga (Waspada) Di Jalan Allah
Seperti hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:
"Berjaga-jaga atau waspada di jalan Allah sehari semalam adalah lebih baik daripada berpuasa selama sebulan dan mendirikan shalat pada malam harinya dan apabila ia mati maka mengalirkan pahala amalannya yang dahulu dilakukannya dan juga rezekinya serta aman dari siksa kubur atau fitnah kubur" (HR Imam Muslim, An-Nasai dan Ahmad).
8. Orang Yang Meninggal Pada Saat Mengerjakan Amal Shaleh
Berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:
"Barangsiapa mengucapkan 'La Ilaaha Illallah' dengan berharap akan keridhaan Allah dan di akhir hidupnya mengucapkannya maka ia akan masuk surga. Dan barangsiapa yang berpuasa sehari mengharap keridhaan Allah kemudian mengakhiri hidupnya dengannya berpuasa maka ia masuk surga. Dan barangsiapa bersedekah mencari ridha Allah, dan menyudahinya dengan sedekah maka ia akan masuk surga" (HR Ahmad).
Seperti itulah tanda-tanda khusnul khotimah, semoga Allah menjadikan akhir hidup kita dengan khusnul khotimah dan memasukkannya dengan golongan orang-orang yang mati syahid. Ammin Ya Allah Ya Robbal'alamin.
tanda-tanda-khusnul-khotimah

Video Tanda-tanda Khusnul Khotimah
Sumber: Berita Islami Masa Kini, TransTV
Baca juga artikel lainnya:
Balas Dendam Yang Benar Menurut Islam
Tanda-tanda Kiamat Besar
Misteri Dikabulkannya Doa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Video] Misteri Hubungan Ariel dan Sophia Mueller

Misteri Hubungan Ayu TingTing dan Husein Alatas

13 Keajaiban Alam Ciptaan Allah Yang Mengagumkan