Tanda-tanda Kiamat Besar

Hal yang akan terjadi sebelum hari kiamat antara lain:
1. Kemunculan Imam Mahdi. 
Beliau adalah seorang ahlul bait keturunan Al Hasan bin Ali ra dan beliau akan muncul pada saat dunia dipenuhi kejahatan dan kedzaliman. Kemudian beliau menggantinya dengan kebaikan dan keadilan. Nama beliau sama dengan nabi Muhammad SAW dan nama ayah beliau sama dengan nama ayah Rasulullah SAW. Seperti hadits berikut:
"Dunia ini tidak akan lenyap sampai bangsa Arab menjadi penguasa, yaitu seorang dari ahli baitku yang namanya sama dengan namaku dan nama ayahnya sama dengan nama ayahku, dia akan memenuhi dunia ini dengan kebaikan dan keadilan, setelah sebelumnya dipenuhi dengan kejahatan dan kedzaliman" (H.R. Abu Dawud 4282 dan at-Tirmidzi 2230).
2. Kemunculan Al-Masih Ad-Dajjal
Dajjal adalah seorang manusia yang akan keluar pada akhir zamandan menebarkan fitnah. Dan Allah SWT memberinya kemampuan untuk melakukan perkara-perkara yang luar biasa, bahkan ia akan mengaku memiliki sifat rububiyyah yaitu sifat yang hanya dimiliki oleh Allah SWT, namun kebathilannya tidak akan menipu seorang yang beriman.
Mahluk Dajjal ini akan masuk ke seluruh negeri, kecuali Mekkah dan Madinah dan dia membawa api dan taman, karena pada hakikatnya api Dajjal adalah taman sedangkan tamannya adalah api. Rasulullah bersabda mengenai Dajjal:
"Sungguh aku telah memperingatkan kalian tentang Dajjal, tidak ada seorang nabi pun kecuali telah memberikan peringatan kepada kaumnya tentang Dajjal. Sungguh Nuh telah memberikan peringatan kepada kaumnya tentang Dajjal, akan tetapi aku akan mengatakan kepada kalian tentangnya sesuatu yang belum pernah dikatakan oleh seorang Nabi pun, ketahuilah sesungguhnya Dajjal itu buta sebelah sedangkan ALLAH tidaklah buta sebelah" (H.R. Al-Bukhari 3057 dan Muslim 169).
3. Turunnya Nabi Isa AS Dari Langit
Beliau ditugaskan untuk memberikan keputusan hukum yang adil lalu akan membunuh babi dan membinasakan Dajjal. Haditsnya yaitu:
"Demi yang jiwaku yang ada di tangannya, hampir tiba masanya putra Maryam turun di antara kalian untuk memutuskan hukum secara adil, membunuh babi, menghapus jizyah dan membagi-bagikan harta, namun tidak ada yang mau menerimanya" (H.R. al-bukhari 2222 dan Muslim 155).
4. Keluarnya Ya'juj dan Ma'juj
Mereka adalah sekelompok mahluk dalam jumlah besar dan mereka tidak tunduk kepada siapapun. Ada yang mengatakan bahwa mereka adalah anak-anak Yafits keturunan Nabi Nuh AS. Allah SWT berfirman:
"Hingga apabila dibukakan dinding Ya'juj dan Ma'juj dan mereka turun dengan cepat dari segala tempat yang tinggi dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit) maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir, mereka berkata: "Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim" (Q.S. Al-Anbiya: 96-97).
5. Penghancuran Ka'bah dan Hiasan Ka'bah
Akan terjadi masanya dimana adanya penghancuran Ka'bah dan perampasan hiasan-hiasan dari Ka'bah yang dilakukan oleh orang-orang Habasyah, dan ini termasuk dalam tanda-tanda kiamat yang besar. Berikut sabda Rasulullah SAW:
"Dzu sawiqatain dari Habasyah akan menghancurkan Ka'bah, merampas hiasannya dan menanggalkan kain penutupnya, sungguh, seakan aku melihatnya seakan sedang memukul Ka'bah dengan palunya" (Al-Musnad: 2/220).
6. Diangkatnya Al Qur'an Dari Muka Bumi
Al Qur'an adalah pedoman hidupbagi agama Islam dan jika diangkat dari muka bumi maka umat Islam tidak mempunyai pegangan hidup serta tidak akan lagi mengetahui apa-apa saja yang diajarkan oleh Allah SWT. Rasulullah bersabda:
"Islam akan hilang sebagaimana usangnya hiasan pada pakaian sampai-sampai tidak diketahui lagi apa itu puasa, apa itu sholat dan apa itu haji. Sungguh Kitabullah akan diangkat ke langit pada suatu malam, dan tidak ada satu ayat pun darinya yang tersisa di muka bumi" (H.R. Ibnu Majjah 4049, Al-Hakim dalam al-mustadraak 4/473).
7. Terbitnya Matahari Dari Tempatnya Terbenam
Hari kiamat itu akan datang maka akan terjadi terbitnya matahari dari tempatnya terbenam, dan ketika itu terjadi maka tidak akan lagi bermanfaat iman seseorang bagi dirinya sendiri. Allah SWT berfirman:
"Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya" (Q.S Al-An'aam:158).
8. Keluarnya Hewan Yang Sangat Besar
Ini merupakan tanda kiamat yang terakhir. Ada yang menggambarkan hewan ini panjangnya 60 hasta, berbulu lebat dan memiliki beberapa kaki. Namun ada juga yang mengatakan hewan ini memiliki bentuk yang berbeda-beda bahkan mirip dengan beberapa hewan. Al Qur'an dan As-sunnah telah menerangkan keluarnya hewan ini sebelum hari kiamat, seperti firman-Nya:
"Dan apabila perkataannya telah jauh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami" (Q.S. An-Naml:82).
Subhanallahi Walhamdulillah Wa La illahaillallah Allahuakbar...Astaghfirullahal'adzim...
Perbanyaklah bertaqwa kepada Allah SWT, karena sesungguhnya akan datang hari kiamat itu. Sekian artikel tentang Tanda-tanda Kiamat Besar, semoga isi artikel ini semakin mempertebal iman kita semua. Amminn Ya Robbal'Alamin.
tanda-tanda-kiamat-besar

Video Tanda-tanda Kiamat Besar
Sumber: Berita Islami Masa Kini (Trans TV)
Baca juga artikel terkait:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Video] Misteri Hubungan Ariel dan Sophia Mueller

Misteri Hubungan Ayu TingTing dan Husein Alatas

13 Keajaiban Alam Ciptaan Allah Yang Mengagumkan