Buah Dan Sayuran Yang Terdapat Dalam Al Qur'an

Artikel Islam: Mencari Tahu Macam-macam Buah dan Sayuran Yang Terdapat Dalam Al Qur'an

Allah SWT telah menjadikan agama Islam sebagai agama yang sempurna bagi umat manusia. Allah SWT bahkan telah menyiratkan kepada manusia, tentang makanan, minuman bahkan buah2an dan sayuran yang baik untuk dikonsumsi karena memiliki banyak kesehatan bagi umat manusia.
Berikut adalah jenis buah dan sayuran yang terdapat dalam Al Qur'an dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

1. Buah Kurma

Buah Kurma termasuk buah yang sangat istimewa, karena memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi manusia. Dalam kurma terdapat sekitar 80% gula, protein, lemak dan juga karbohidrat. 5 butir kurma mengandung sekitar 45gr karbohidrat yang dapat menghasilkan sekitar 115 kalori yang diperlukan oleh tubuh.


Manfaat Buah Kurma
Untuk kesehatan mata, kurma adalah salah satu buah yang menjadi sumber vitamin A. Vitamin A adalah antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena mampu menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit dan yang paling utama adalah sebagai pencegah penyakit kanker dan jantung.
Buah kurma juga kaya akan serat yang dibutuhkan untuk mengikat bahan kimia, yang dapat menyebabkan terjadinya kanker usus.
Dan bagi para wanita, buah kurma sangat dianjurkan bagi wanita hamil dan melahirkan. Kurma kering dapat menguatkan sel-sel usus dan mengandung serabut yang dapat menguatkan rahim wanita. Sedangkan kurma basah, berkhasiat mencegah pendarahan setelah proses melahirkan.


2. Buah Delima
Buah delima disebut juga salah satu buah dari surga. Buah delima memang sangat istimewa. 
Sebagaimana disebutkan dalam surat Ar Rahman : 68

Di dalam keduanya ada macam-macam buah-buahan dan kurma serta delima 
(Q.S. Ar Rahman : 68)


Manfaat buah delima sudah tercatat bahkan sejak ribuan tahun lalu. Pada jaman peradaban Yunani kuno, menjadikan buah delima sebagai salah satu alat kontrasepsi alami pada masa itu.

Manfaat Buah Delima
Buah delima memiliki antioksidan yang sangat tinggi, yang mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Buah delima juga berkhasiat mencegah penyakit jantung, stroke dan alzheimer. 
Dalam 1 buah delima diperkirakan mengandung sekitar 40%  kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan dalam tubuh. Buah ini juga berkhasiat menghancurkan sel-sel kanker payudara dan menjadi pengobatan alami untuk mencegah timbulnya plak gigi.

3. Buah Tin
Buah tin dan zaitun juga menjadi buah yang sangat istimewa. Bahkan di dalam surat At Tiin juga di sebutkan tentang kedua buah ini secara berurutan. 
Salah satu keistimewaan buah tin adalah kandungan gula dan kalsiumnya yang cukup pesat, yang sangat bermanfaat untuk melawan sel-sel jahat dalam tubuh. 
Selain itu buah tin juga berkhasiat melancarkan pencernaaan dan mengobati penyakit susah buang air besar. 

4. Buah Zaitun
Buah zaitun juga memiliki banyak khasiat dan keistimewaan, salah satunya adalah sebagai obat alami untuk mengobati penyakit ginjal. Bagi para wanita, buah zaitun adalah salah satu kosmetika alami yang dapat melembabkan kulit dan kesuburan rambut. 
Buah yang mengandung asam oleik yang berfungsi sebagai antioksidan bagi kulit ini, juga dapat diolah sari patinya dan dijadikan minyak zaitun yang banyak digunakan dalam proses memasak. 

5. Anggur
Salah satu buah yang disebutkan dalam Al Qur'an yang memiliki banyak khasiat namun juga dapat memberikan efek negatif jika dikonsumsi dengan cara yang salah adalah buah anggur. 
Buah anggur disebutkan sedikitnya 14 kali dalam Al Qur'an. 
Buah anggur memiliki banyak khasiat dan kandungan gizi. Buah ini sudah tumbuh dalam ribuan tahun yang lalu. Banyak dikisahkan, buah anggur sudah ada sejak jaman Nabi Nuh, a.s. Selain memiliki rasa yang nikmat, di dalam buah anggur juga terkandung kadar gula, protein dan lemak yang tinggi. Buah anggur juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, melawan serangan virus dan bakteri serta meningkatkan fungsi otak.
Namun umat muslim harus berhati-hati, karena buah anggur dapat diproses dalam proses fermentasi untuk dijadikan sebagai bahan minuman yang memabukkan atau khamr, minuman jenis ini diharamkan dalam Islam untuk dikonsumsi, karena memiliki banyak efek negatif bagi tubuh.

Jenis Sayuran Yang Terdapat Dalam Al Qur'an

Mentimun
Bawang Merah
Berikut adalah jenis sayuran yang terdapat dalam Al Qur'an: Mentimun, kacang, bawang merah dan bawang putih.
Bawang Putih

Kacang2an
Saat ini kebanyakan orang mengkonsumsi mentimun sebagai makanan tambahan. Namun sesungguhnya, mentimun sudah ada pada jaman Rasulullah SAW dan dijadikan sebagai bahan pengobatan. Dalam ilmu pengobatan Islam, mentimun disebut juga sebagai qitsa’ atau khiyar.  
Dalam mentimun terkandung kalsium dan zat besi yang tinggi. Mentimun juga banyak mengandung vitamin A, B dan C. Karena kandungan gizinya yang tinggi dan memiliki sifat yang dingin dan lembab, mentimun berkhasiat untuk menurunkan panas dan suhu tubuh, tekanan darah dan melancarkan saluran pencernaan. 
Dalam bidang kecantikan, mentimun juga sering digunakan sebagai masker wajah, karena mampu meremajakan sel-sel kulit wajah dan mencegah keriput.

Untuk menyaksikan video mengenai artikel ini, dapat Anda lihat di:


Sekian artikel mengenai buah dan sayuran yang terdapat di dalam Al Qur'an, Selamat menyaksikan videonya dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Subhanallah :)


Baca juga artikel islam lainnya:

Komentar

Posting Komentar

Mohon berkomentar yang sopan dan beretika, terima kasih atas kunjungannya

Postingan populer dari blog ini

[Video] Misteri Hubungan Ariel dan Sophia Mueller

Misteri Hubungan Ayu TingTing dan Husein Alatas

13 Keajaiban Alam Ciptaan Allah Yang Mengagumkan