Apa Gerangan Psikotes?


Tes psikologi atau psikotes adalah pengukuran terhadap beberapa aspek perilaku manusia dengan prosedur yang sesuai akan muatan yang penuh ketelitian, metode administrasi dan interprestasi.
Biasanya psikotes selalu dipraktekkan oleh klinik kesehatan unggulan, sekolah atau para psikologi peusahaan, termasuk juga atas pertimbangan prinsip-prinsip etika dan profesional. Di samping itu. psikotes sangat membantu dalam membuat keputusan yang beragam.

Beberapa Bentuk Psikotes
  1. Tes Prestasi: Tes ini digunakan untuk menguji performa atau potensi seseorang di wilayah akademis. Tes ini biasa digunakan untuk memprediksi kesuksesan studi seseorang di masa depan. Tes prestasi diaplikasikan di sekolah umum dengan beberapa bentuk tes, seperti mengukur kemampuan bendahara kata, keahlian berbahasa dan kemampuan membaca makalah, aritmatika dan pemecahan masalah.
  2. Tes Bakat/kecerdasan: Tes ini digunakan untuk memprediksi performa seseorang di masa depan, di mana seseorang tersebut mungkin berada di situasi yang berbeda. Sekolah, perusahaan dan kantor pemerintahan menggunakan tes kecerdasan atau bakat ini untuk kepentingan penempatan seseorang yang sesuai dengan kemampuannya.
  3. Tes Inteligensi: Dalam tes ini, anak-anak diperlihatkan pada sebuah gambar abstrak lalu mereka diminta untuk menggambar ulang dengan disertai kertas berwarna merah atau putih. Nilai tes dikenal dengan Kecerdasan Inteligen (IQ).
Masih banyak lagi bentuk psikotes, namun masing-masing memiliki metode dan aplikasi sendiri-sendiri sesuai dengan objek kajian dan penelitiannya, akan tetapi tetap berbasis kepada uji psikologis itu sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Video] Misteri Hubungan Ariel dan Sophia Mueller

Misteri Hubungan Ayu TingTing dan Husein Alatas

13 Keajaiban Alam Ciptaan Allah Yang Mengagumkan